Senin, 16 April 2012

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan WiMAX


1.            Kelebihan dan Kekurangan Jaringan WiMAX
Kelebihan yang dimiliki oleh jaringan Wimax adalah [6]:
1.      Jarak jangkau jauh mencapai maksimal 50km dengan jarak jangkau optimal 7-10 km, tidak ada masalah ‘hidden node’. Karena layer PHY pada standar IEEE 802.16d tahan terhadap 10 multi-path delay spread.
2.      Daerah jangkauan dioptimalkan untuk outdoor yang didukung dengan teknologi smart antenna, modulasi adaptif dan menggunakan topologi jaringan mesh.
3.      QoS untuk layanan data, video dengan dukungan Grant/Request MAC dan differential service : E1/T1 untuk pelanggan bisnis data best effort untuk residential.
4.      Interoperability perangkat dehingga operator atau peyedia layanan tidak tergantung pada satu vendor untuk pengadaan perangkat sehingga biaya dan resiko ivertasi dapat lebih rendah atau ditekan.
5.      Bandwidth kanal yang fleksibel dari 1.5 MHz sampai 20 MHz untuk spectrum frekuensi berlisensi maupun spectrum frekuensi yang tidak berlisensi, menggunakan frekuensi reuse dan dimungkinkan dilakukan perencanaan sel untuk penyediaan layanan komersial.
Kekurangan yang dimiliki oleh jaringan Wimax adalah [6]:
·                  Seperti terjadi dengan negara lain di dunia, maka pemerintah Indonesia pun belum menentukan frekuensi WiMAX yang akan digunakan. Kemungkinan besar vendor pertama kali membuat perangkat WiMAX di frekuensi 3,5 GHz. Sedangkan di Indonesia, frekuensi dimaksud juga digunakan untuk komunikasi satelit. Sehingga diperlukan penentuan range frekuensi yang tepat agar menguntungkan baik bagi operator, regulator maupun pengguna.
·                  Harga peralatan infrastruktur yang masih sangat mahal
·                  Teknologinya masih berkembang terus, sehingga bisa salah investasi.
·                  Terlalu banyak jenis perangkat yang tidak saling kompatibel.
·                  Dibutuhkan pengalaman untuk memasang perangkatny.
Peraturan yang belum siap untuk mengadaptasi teknologi ini karena kalau produsen peranti WiMax sudah membuat satu card PCMCIA atau berbasis USB dengan menggunakan standar WiMax Nomadic, perantinya akan mudah didapat

1 komentar: